TBC menjadi salah satu penyakit infeksi penyebab kematian terbanyak di Indonesia


Tribunjawa.com - Tuberkulosis atau tang lebih dikenal masyarakat dengan penyakit TBC, merupakan salah satu penyakit menular yang menyerang paru dan dapat menyebabkan kematian.

Bahkan menurut catatan WHO, TBC menjadi salah satu penyakit infeksi penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

Karena itu selain program penurunan angka Stunting, AKB dan AKI pemberantasan TBC juga menjadi program prioritas pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ketika pencanangan program Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030.

Acara yang diadakan di Techno Park, Cimahi Jawa Barat diikuti oleh 34 gubernur, 119 bupati dan wali kota se-Indonesia, serta sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju. Pada kesempatan itu Presiden Jokowi juga menargetkan Indonesia harus sudah bebas dari TBC pada tahun 2030.

"Untuk mencapai target eliminasi TBC 2030 perlu kerja keras dari semua pihak, bukan hanya sektor kesehatan.Jangan ada kendala administrasi, birokrasi dan financial untuk ini.

Perlu inovasi dan sumberdaya yang memadai untuk memberantas TBC secara komprehensif,” ujar pesiden.

Sedangkan Wakil Bupati Bangkalan Drs.Mohni MM, yang hadir bersama Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan Sudiyo, S.Kep, Ns, mengatakan akan mendukung secara maksimal program eliminasi TBC.

"Pemerintah Kabupaten Bangkalan akan ikut mendukung program pembangunan kesehatan termasuk program eliminasi TBC yang ditarget pada tahun 2030 harus tuntas.

Karena itu nanti melalui Dinas Kesehatan kita akan menjalankan program tersebut, baik dari segi sosialisasi dan memberikan edukasi pada masyarakat, cara penanganan hingga akses dan fasilitas kesehatannya bagi masyarakat,"kata Wabub.

Postingan populer dari blog ini

Ucapkan Selamat Atas Pelantikan AKD Kabupaten Bangkalan Tahun 2020 dan Mendorong Terbentuknya Tim Percepatan Pembangunan Tingkat Desa

Wisata Pantai Lombang Sumenep : Rute Lokasi dan Harga Tiket

Memasuki Kondisi New Normal, Gerbang Tiga Lanjutkan Kerjasama Dengan Beberapa Perusahaan Outsourcing Jawa Timur