Ucapkan Selamat Atas Pelantikan AKD Kabupaten Bangkalan Tahun 2020 dan Mendorong Terbentuknya Tim Percepatan Pembangunan Tingkat Desa


GerbangTiga.com - Secara umum dorongan  pembentukan tim percepatan pembangunan desa dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa , kualitas hidup manusia hasil dari berbagai terobosan pembangunan serta inovasi  didesa yang menjadi tugas utama tim percepatan desa yang pada dasarnya tim ini adalah kepanjangan tangan kepala desa untuk melaksanakan langkah langkah inovasi yang bertujuan untuk mempercepat tercapainya pembangunan desa dengan kemampuan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat , mengembangan kegiatan ekonomi , pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, pemanfaatan sumber daya alam dan pelestarian  lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Desa sejatinya adalah bagian terpenting dari agenda pembangunan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di Indonesia karena indikator makro  keberhasilan pembangunan oleh  pemerintah secara umum adalah berkembangnya pembangunan didesa desa seluruh Indonesia , karena didesa itulah tempat sumberdaya alam maupun sumber daya manusia yang harus digali dan dirangsang pengembangan pembangunannya.

Lahirnya kementerian desa dengan serangkaian orientasi pembangunan desa, menjadi hal menarik untuk dijadikan ukuran , dimana kementerian desa ini perhatiannya  dan focus pekerjaannya dikonstruksikan hanya untuk mengembangkan dan membangun  masyarakat desa dengan berbagai stimulus kebijakan kepada desa desa diseluruh Indonesia.

Bahkan tidak hanya soal itu saja , pemerintah pusat  melalui  berbagai kebijakan pembangunan telah mengucurkan dana yang begitu besar diarahkan kepada pembangunan desa , kebijakan pemerintah pusat ini  dilakukan agar dimasa yang akan datang  desa tidak hanya menjadi second line dari rencana pembangunan nasional tetapi kemudian sasaran keberhasilan pembangunan desa bisa  menjadi tolak ukur dari  keberhasilan pembangunan nasional  .

Konteks pembangunan di Kabupaten Bangkalan juga harus dijalankan sesuai dengan garis besar  pembangunan nasional seperti yang dijelaskan diatas

Kondisi saat ini jika kita kaji secara geografis kabupaten Bangkalan sebenarnya  adalah area  primadona untuk dipercepat pembangunannya , mengingat letak kabupaten Bangkalan yang sangat strategis karena Kabupaten Bangkalan berada tepat dilintas batas antara pulau Madura dan kota metropolis Surabaya , Kabupaten Bangkalan harusnya sudah menjadi pusat peradaban baru setelah kota metropolis Surabaya yang saat ini kapasitas dan jumlah penduduknya kian bertambah pesat.

Tetapi kondisinya Kabupaten Bangkalan  sampai saat ini  ternyata tidak sesuai dengan yang kita harapkan  , Kabupaten Bangkalan rupanya  masih belum bisa beranjak dari status dan  predikat Kabupaten termiskin ketiga dijawa timur dengan indeks pembangunan manusianya berada di posisi kedua dari bawah  , lalu kenapa hal ini sampai terjadi  ?  mungkin pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sama dari masyarakat yang harus kita jawab bersama sama .

Dari pantauan penulis ada sesuatu yang dinilai masih menjadi tanda kutip untuk ditarik garis perbandingan mengenai  penerapan pola pembangunan dikabupaten Bangkalan yang terlaksana selama  ini  jika membandingkan dengan pola pola yang dijalankan oleh Kabupaten lain ditanah air  yang sudah lebih dulu beranjak maju .

Kabupaten Bangkalan selama ini dinilai oleh beberapa pihak terlalu latah hanya berharap kepada  program program bombastis pemerintah pusat ataupun pemerintah propinsi Jawa timur sehingga terkesan lalai untuk mengelola dan mengembangkan potensi lokalnya sendiri. Lalu kemudian pengembangan potensi lokal itu dijadikan sumber dan modal pembangunan .

Salah satu contohnya kelalaian kita  selama ini adalah harapan yang terlalu  besar kepada  program pembangunan pemerintah pusat melalui BPWS yang implementasinya sangat jauh dari harapan  masyarakat Bangkalan.

Jujur seandainya agenda BPWS ini sesuai dengan agenda awal dibentuknya BPWS , maka hari ini Kabupaten Bangkalan adalah Kabupaten yang maju , kota metropolis kedua dengan pertumbuhan lapangan kerjanya yang  pesat serta mutu SDM nya yang sangat tinggi .

Maka berangkat dari pelantikan AKD KABUPATEN BANGKALAN Tahun 2020 , sebagai sebuah renungan kepada siapapun kita rakyat Bangkalan , khususnya kepada pihak pihak  yang saat ini sedang memiliki kewenangan menentukan arah kebijakan , penulis berharap  agar frame pembangunan Bangkalan dikembalikan kepada frame awal visi misi Bangkalan sejahtera yang berbasis potensi lokal  ,hal ini harus kita lakukan  daripada terus menerus menaruh harapan setinggi langit kepada agenda pembangunan dari atas yang implementasinya belum bisa ditentukan waktunya ,marilah kita mulai merubah pola dan orientasi pembangunan Kabupaten Bangkalan dengan  mengembangkan potensi lokal yang ada di kabupaten Bangkalan .

Saat ini beberapa desa di Kabupaten Bangkalan mulai gigih berjuang berbekal anggaran dana desa , berusaha untuk berkembang dengan mengelola potensi yang ada didesanya serta melakukan beberapa terobosan dan inovasi didesa mereka masing masing , beberapa desa sudah ada yang berhasil mengembangkan usaha berbasis potensi lokalnya , misalnya pengembangan wisata desa , usaha kuliner , desa teknologi informatika , usaha jasa untuk kebutuhan dasar masyarakat desa dan sebagainya .

Kondisi ini merupakan isyarat dari desa desa di Kabupaten Bangkalan bahwa sebenarnya mereka ingin maju dan berkembang , karena kemajuan pembangunan didesa niscayanya menjadi ukuran dari keberhasilan kepemimpinan para kepala desa ditingkat desa.

Menyikapi semangat membangun dari desa desa ini pemerintah Kabupaten Bangkalan selayaknya  makin gencar untuk mendorong, mengkoordinasi ,membina, menstimulus dengan sebaik baiknya sehingga kemajuan pembangunan didesa desa akan semakin cepat tercapai serta menjadikan  momentum kemajuan pembangunan desa dengan pengembangan potensi lokalnya yang nantinya diharapkan menjadi  energi dan potensi besar kemajuan pembangunan  Kabupaten Bangkalan.

disamping itu pemerintah daerah tetap harus  menggali potensi potensi lain sebagai sumber energi untuk  percepatan pembangunan di Kabupaten Bangkalan.

Tulisan ini sejatinya sebagai bentuk ucapan selamat kepada AKD Kabupaten Bangkalan yang baru dilantik oleh Bupati Bangkalan tetapi  sekaligus ingin melengkapi semangat pembangunan organisasi desa  yang diinginkan oleh para kepala desa yang saat ini tergabung di AKD Kabupaten Bangkalan .

Penulis juga mencoba  menginisiasi lahirnya tim percepatan pembangunan tingkat desa , agar organisasi pembangunan ditingkat desa juga bisa kian maju , karena didesa itulah  potensi lokal pemerintah kabupaten Bangkalan berada yang harus benar benar diolah dan dikembangkan.

Melahirkan Tim Percepatan Pembangunan tingkat Desa merupakan konsep yang ditawarkan oleh penulis , agar desa memiliki teamwork yang kuat untuk membantu kepala desa , tim yang memiliki kapasitas serta kewenangan untuk mengkonstruksi pola percepatan  pembangunan desa secara lebih terperinci dan dinamis dengan dukungan dari ahli perencanaan, ahli pembangunandesa serta berkoordinasi dengan  sumberdaya birokrasi disetiap tingkatan.

” SELAMAT KEPADA PENGURUS AKD KABUPATEN  BANGKALAN , SELAMAT BERHIKMAT UNTUK MEWUJUDKAN BANGKALAN SEJAHTERA.”

Penulis Moh Iksan ( Gerbang Tiga )

Postingan populer dari blog ini

Memasuki Kondisi New Normal, Gerbang Tiga Lanjutkan Kerjasama Dengan Beberapa Perusahaan Outsourcing Jawa Timur

Tata Kelola Keuangan Bagus, Pemkab Boyong Dua Penghargaan dari BPKP